Diet Sesuai Dengan Golongan Darah

Searang ini sudah banyak berbagai metode untuk diet tetapi menyehatkan.Salah satunya adalah diet sesuai dengan golongan darah.Diet dengan metode ini sudah terbukti cukup efektif.Berikut ini adalah jenis-jenis makan dan minuman yang dihindari dan dianjurkan sesuai dengan golongan darah:

A.Golongan darah A

Makanan yang harus dihindari: hidangan laut berwarna putih seperti cumi-cumi dan kakap putih, daging sapi, susu, keju hasil olahan industri, kacang merah, kacang tolo, roti, kue-kue, cake, kentang, kol, mangga, pepaya, jeruk impor, dan pisang. Juga bahan makanan olahan seperti sosis, kornet, dendeng, ham, dan daging asap, minyak jagung, minyak kacang tanah.

Makanan yang dianjurkan adalah dari kelompok nabati. Sumber hewani bisa diperoleh dari ikan dan ayam kampung, ini pun dengan jumlah dan frekuensi terbatas. Susu yang dianjurkan adalah susu fermentasi ( yoghurt atau kefir), krim tanpa lemak, keju alami, telur dalam jumlah terbatas ( dari jenis organik atau telur ayam kampung), lemak dalam jumlah terbatas, kacang-kacangan seperti kenari, biji-bijian, almond, susu kedelai alami. Orang dengan golongan darah A ini semestinya memperbanyak makan sayuran dan buah-buahan segar.

B . Golongan Darah B

Makanan yang diperbolehkan : daging sapi, domba, kelinci, ikan laut, semua produk susu, kecuali blue chesse dan es krim, telur ayam organik dan telur ayam kampung, minyak zaitun lebih dari satu sendok, beras merah, beras putih pecah kulit, beras putih tumbuk, bahan makanan dari bahan beras atau tepung beras, havermut, bekatul, semua jenis buah terlebih nanas sangat baik. Namun ada juga jenis buah yang harus diminimalkan konsumsinya, yaitu yang kaya lektin seperti kesemek, delima, belimbing, dan pir.

Makanan yang harus dihindari : ayam, kepiting, lobster, udang, kerang, scalop, remis, tiram, kodok, telur puyuh, telur bebek, minyak wijen, minyak jagung, minyak biji matahari, minyak kacang tanah, minyak kedelai. Batasi juga konsumsi kelapa, santan, kedelai, kacang tanah, biji bunga matahari, biji labu, wijen, kacang mete, pistasio, tempe, tahu susu kedelai, kacang merah, kacang tolo, makanan dari terigu, mi instan, ketan, jagung, lobak, tomat, jagung, jagung muda.

C. Golongan Darah AB

Makanan yamg dianjurkan : Hidangan laut, semua telur (kecuali telur bebek), susu fermentasi, minyak zaitun, minyak kanola, minyak kedelai, minyak kacang tanah, kacang tanah, semua jenis sayuran, semua jenis buah-buahan kecuali jeruk.

Makanan yang harus dibatasi dan dilarang : harus membatasi konsumsi daging sapi. lobster, udang, cumi, ikan ekor kuning, belut , teri, kodok . Hindari susu dan semua produk susu, daging olahan. Semua jenis kacang dikonsumsi sedikit-sedikit sambil mengamati reaksinya. Wijen dan minyak wijen perlu diwaspadai. Batasi konsumsi terigu dan makanan olahan seperti roti, cake, kue, pasta. Hindari pula, jagung, taoge, jamur, radis, dan jeruk.

D.Golongan Darah O

Makanan yang diperbolehkan : daging-dagingan, minyak jenis nabati, minyak zaitun, dan buah-buhan segar

Yang harus dihindari atau dibatasi adalah kol, brokoli, kembang kol, sawi, pokcoi, taoge, terong, jamur, dan kentang. Telur, susu, dan kacang-kacangan tak terlalu berguna lagi karena tubuh telah mendapat asupan dari sumber hewani. Juga terigu dan makan hasil olahannya tidak terlalu bermanfaat lagi. Bagi Anda yang sensistif, hindari jeruk karena berisiko keracunan usus.

6 Tanggapan so far »

  1. 1

    jodi said,

    wah kayanya ribet bgt ya, klo tiap mo makan musti diliat kandungannya…aq gol. O, dan sangat suka sekali dgn yg namanya sawi,pokcoi,toge,jamur..jd musti dihindari ya..hiks..hiks…

  2. 2

    Cha_nis said,

    Aku suka banget makan telur dan paling nggak suka sama daging.
    jadi gimana dunk??
    kalau tetep aku makan daging, bisa-bisa aku mual. masa makan nasi putih doang? ada saran lain nggak?

  3. 3

    verlina said,

    makasih ya buat komentar nya,buat cha_nis. Pasti cha_nis golongan darah nya B ya.. bener ga? lagian klo misalnya cha_nis ga suka makan daging kan masih bisa makan yang lain kayak telur ayam organik dan telur ayam kampung. Jadi masih tetep bisa makan telur kan hehehe.

  4. 4

    v3 said,

    aq golongan darah A. hemm..kayaknya diet untuk golongan darah A yang paling gag enak. Segala macem daging2an kayaknya gag boleh. MEnyedihkan..padahal q ska banget ma seafood trutama cumi2 n udang, susu full cream, cake n keju olahan.
    Q juga demen konsumsi pepaya tiap hari.
    Giamana dOOng???
    Hikzzzzzzzzzzzz….

  5. 5

    Lu_chan said,

    Aq pernah nyoba diet golongan darah.hasilnya lumayan lho.mang se awalnya berat bgt.tp lama2 trbiasa kok.tubuh kn bs brAdaptasi dg cpt.yg pntg NIAT.cmngat

  6. 6

    monicantik said,

    wah serius nih?


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: