Buah Pahit tetapi Banyak Manfaatnya

pare2.jpgSiapa yang tidak kenal dengnan buah pare, buah pare merupakan buah yang berbentuk hijau dengan rasa pahit yang sangat. Sehingga anak muda zaman sekarang kurang menyukai makanan tersenut. Buah pare dapat diolah menjadi berbagai macam sayur. Bahkan kita sering menemuinya di siomay. Ada beberapa cara untuk menghilangkan rasa pahit itu. Namun tanpa kita ketahui ternyata buah pare menyimpan banyak sekali manfaat. dan bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

buah pare yang pahit bisa merangsang nafsu makan, dapat menyembuhkan penyakit kuning, memperlancar pencernaan dan mengobatin malaria. Berikut in beberapa jenis penyakit yang bisa disembuhkan dengan buah pare dan cara pemakainnya:

Kencing Nanah dan SipilisGunakan enam lembar daun pare ditambah dua jari akar jayanti, dua jari kulit kamboja, satu jari rimpang temulawak serta tiga jari gula enau. Bahan-bahan tersebut dicuci, lalu dipotong-potong kemudian direbus dengan empat gelas air hingga tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring kemudian minum tiga kali sehari, masing-masing tiga perempat gelas. Untuk pengobatan Sipilis temulawak diganti dengan brotowali.Kencing Manis200 gram buah pare yang telah dicuci diiris tipis-tipis. Rebus dengan tiga gelas air hingga tersisa satu gelas. Minum air rebusan tersebut setiap hari. Sedangkan bagi penderita disentri amuba dan diare, rebus 300 gram akar pare yang telah dicuci lalu potong-potong. Rebus dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas lalu minum. Dapat pula ditambahkan gula bila suka.Impoten

Gunakan biji pare yang telah disangrai hingga kering lalu tumbuk halus. Ambil 10 gram bubuknya lalu tambahkan sedikit air matang dan dua sendok makan madu. Minum tiga kali sehari.

Bisul dan Abses

Ambil segenggam daun pare, cuci lalu rebus bersama tiga gelas air hingga tersisa satu gelas. Dinginkan lalu minum hingga sembuh. Sementara untuk mengatasi cacingan pada anak, seduh tujuh gram daun pare dengan air panas, dinginkan lalu saring air rebusannya. Tambahkan satu sendok teh madu, aduk lalu minum sebelum sarapan.

Batuk

Gunakan segenggam daun pare hutan, cuci lalu giling hingga halus. Tambahkan tigaperempat cangkir air masak dan sedikit garam, aduk rata lalu saring. Minum dua kali sehari. Demikian pula untuk mengatasi ASI tak lancar. Giling daun pare hingga halus lalu baluri di sekitar payudara.

Sariawan

Parut buah pare yang telah dibuang bijinya. Peras hasil parutan dengan selembar kain, tambahkan sedikit gula pada air perasan lalu minum. Sedangkan untuk wasir, giling halus buah pare hingga berbentuk salep, lalu oleskan pada wasir. Untuk eksim basah, oleskan dau pare kering yang telah digiling hingga menjadi serbuk dengan ditambah sedikit minyak kelapa

beberapa sumber diambil dari google

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    Melzz said,

    Mao tanya donkzz…cara-cara ngilangin rasa pahit dari buah pare tuh gmn aja seh?
    Thanks for the info…

  2. 2

    xtine said,

    Baru2 ini aku dikasi resep ma temenku cara ngilangin pare.
    Pertama pare diiris tipis2 , jangan lupa bijinya dibuang dulu trus di remes2 dengan garam.. biz gitu baru dicuci 2 x, rasa pahitnya bakal berkurang

    paling cocok kalo ditumis ma bawang putih ma gula n garam.

    met coba…


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: